ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN TINGKAT BERFIKIR VAN HIELE DI KELAS VII SMPN 3 PADANG

YULIDA, MIRNA and Mukhni, Mukhni and Zulfa, Amrina (2016) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN TINGKAT BERFIKIR VAN HIELE DI KELAS VII SMPN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
48.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru lebih memilih mengajarkan secara utuh satu persatu bangun datar segiempat dengan mengenalkan bentuk melalui alat peraga, kemudian diberikan sifat dan rumusan keliling serta luas bangun datar segiempat kepada siswa, guru kurang menuntun siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri dalam memahami sifat dan rumusan untuk menentukan keliling dan luas bangun datar segiempat, siswa masih sulit dalam memahami materi bangun datar segiempat karena tidak terbiasa menganalisis sendiri permasalahan. Selain itu, nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil matematika siswa kelas VII SMPN 3 Padang tahun pelajaran 2015/2016 masih banyak yang di bawah KKM. Untuk itu perlu dianalisis kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele dan faktor yang menyebabkan pencapaian kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele di kelas VII SMPN 3 Padang. 2) Untuk menganalisis faktor yang menyebabkan pencapaian kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele di kelas VII SMPN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling dan terpilih kelas VII5 sebagai sampel penelitiaan. Instrumen penelitian berupa tes uraian, dan wawancara kepada 6 orang. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele yang memenuhi pada Tahap 1 (Visualisasi) 93,75%, yang memenuhi pada Tahap 2 (Analisis) 71,88%, yang memenuhi pada Tahap 3 (Deduksi Informal) 35,94%, dan yang memenuhi pada Tahap 4 (Deduksi) 18,75%. Dan faktor-faktor yang menyebabkan pencapaian kemampuan siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat berdasarkan tingkat berfikir Van Hiele. Dari hasil penelitian disarankan supaya guru matematika SMPN 3 Padang menerapkan pembelajaran geometri sesuai dengan tahapan pemahaman geometri Van Hiele. Kata Kunci: Analisi Kemampuan Siswa, Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat, Tingkat Berfikir Van Hiele.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:21
Last Modified: 23 Oct 2024 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item