PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 MALALAK

GITA AFRINA, PURNAMA SARI and NINIWATI, NINIWATI and Puspa, Amelia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 MALALAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini di SMP Negeri 1 Malalak masih terpusat pada guru. Proses transfer ilmu masih dari guru ke siswa, keaktifan siswa juga masih kurang,siswa juga kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya kepada orang lain. Mereka takut jawaban atau pendapat yang mereka berikan salah dan tidak diterima oleh orang lain. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan Model Pembelajaran Student Facillitator and Explaining dimana masing-masing siswa harus aktif secara individu maupun secara kelompok. Mereka tidak hanya bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri tetapi juga terhadap pembelajaran orang lain. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Student Facillitator and Explaininglebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 1 Malalak. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 1 Malalak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malalak tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 sebanyak 19 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus t-tes pada taraf = 0,05 diperoleh t = 1,81 dan t = 1,698. Karena t >t maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menerapkanmodel pembelajaran Student Facillitator and Explaining lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:07
Last Modified: 24 Oct 2024 03:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23239

Actions (login required)

View Item View Item