DONA, GUSTINA and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2016) Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
6.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini di SMP Negeri 4 Padang panjangmasih terpusat pada guru. Proses transfer ilmu masih dari guru ke siswa. Kreativitas siswa juga masih kurang. Kreativitas mereka tergantung pada materi yang dipelajari. Siswa juga kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya kepada orang lain. Mereka takut jawaban atau pendapat yang mereka berikan salah dan tidak diterima oleh orang lain. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answerdimana masing-masing siswa harus aktif secara individu maupun secara kelompok. Mereka tidak hanya bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri tetapi juga terhadap pembelajaran orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitassiswadalampembelajaranmatematikadenganmenggunakan model pembelajaranGiving Question And Getting Answer padasiswakelas VIII SMPN 4 Padang Panjang dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Panjang dengan menggunakanModel Pembelajaran Giving Question And Getting Answerlebih baik dari hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran biasa. Hipotesis yang diajukan adalah hasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakanpembelajarangiving question and getting answerlebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaran biasapadasiswakelasVIII SMP Negeri 4 Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang panjang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Kreativitas belajar siswa pada kelas eksperimen secara umum berpengaruh positif, namun tingkat intepretasinya rendah. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus t-tes pada taraf = 0,05 diperoleh t = 2,79 dan t = 1,679. Karena t >t maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran Giving Question And Getting Answerlebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:46 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:46 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23244 |
Actions (login required)
View Item |