Rahmanda, Saputra and NINIWATI, NINIWATI and Edrizon, Edrizon (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Matematika Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
7.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin menambah laju peningkatan dalam bidang pendidikan. Guru diharapkan dapat memanfaatkan hasil-hasil perkembangan teknologi tersebut dalam bentuk media pembelajaran yang tepat dan menarik. Masih rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika serta kesulitan siswa dalam memahami materi kubus dan balok pada materi unsur-unsur kubus, balok, dan rumusnya menjadi kendala yang dihadapi guru untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis ingin membuat dan mengembangkan media pembelajaran komik matematika interaktif pada materi kubus dan balok. Media matematika ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa. Media pembelajaran ini, dikembangkan dengan berbasis komik interaktif. Selain itu, media ini juga akan dilengkapi dengan materi, contoh-contoh soal dan evaluasi, bersumber dari bahan ajar yang relevan, kemudian dikemas dalam bentuk CD media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan CD media pembelajaran komik matematika interaktif yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Development Research. Model penelitian pengembangan yang peneliti pakai yaitu model pengembangan produk pembelajaran berbantuan komputer (PBK). Model ini terdiri atas 6 tahap yaitu 1)concept, 2)desain, 3)collecting materials, 4)assembly, 5)testing 6)Distribution. Pada penelitian ini, penulis hanya menggunakan 5 tahapan dari PBK, yaitu tahap concept, desain, collecting materials, assembly, testing. Validasi dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari dua orang dosen dan satu orang guru untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah valid. Dari hasil analisis angket uji validitas yang dilakukan oleh validator, maka didapat kesimpulan bahwa secara keseluruhan hasil validasi terhadap media pembelajaran komik matematika interaktif yang dididapatkan adalah sebesar 87,50 dengan kriteria valid. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 26 orang siswa untuk melihat apakah media pembelajaran ini praktis digunakan atau tidak. Dari hasil analisis lembar angket praktikalitas siswa, diperoleh bahwa secara keseluruhan penilaian siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan adalah sebesar 89,29% dengan kriteria praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa CD media pembelajaran komik matematika interaktif pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan dan pembaharuan media pembelajaran tersebut karena pada penelitian ini hanya sampai pada uji coba skala kecil pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:42 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23245 |
Actions (login required)
View Item |