Dolla, Nadia and Edrizon, Edrizon and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktiftipe The Power of Two dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
8.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran di SMP Negeri13 Padangterlihatbahwasiswakurangaktifbertanya, kurangnyakemampuansiswadalammenyampaikanpendapatdenganbenardanusahasisw auntukmenuangkan ide danpikirannyadalammenyelesaikanpersoalanmasihkurang. Selainitu, padasaat guru mengajukanpertanyaanpadabeberapa orang siswaterkaitcontoh yang barusajadiberikan, masihadajawabansiswa yang salah.Untukmengatasipermasalahanini, salahsatuupaya yang dapatdilakukanadalahdenganmenerapkanstrategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two(kekuatan dua orang) berarti menggabungkan dua kepala, menggabungkan dua kepala dalam hal ini adalah membentuk kelompok kecil yaitu masing-masing siswa berpasangan. Kegiatan ini dilakukan agar muncul suatu sinergi yakni dua kepala lebih baik dari satu. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahuiperkembanganaktivitassiswadalammengikutipembelajaran yang menerapkanStrategiPembelajaranAktiftipeThe Power of Two dalam pembelajaran matematika siswakelas VIII SMPN 13 Padang dan untukmengetahuiproporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajarmatematika yang menerapkanStrategiPembelajaranAktiftipeThe Power of Twolebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajarmatematikayang menerapkan pembelajaranbiasapadasiswakelas VIII SMPN 13 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yangmenerapkanStrategi Pembelajaran Aktif tipe The Power of Twolebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika siswa yangmenerapkanpembelajaran biasapadasiswakelas VIII SMPN 13 ii Padang.Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri13 Padangyang diambil dari empatkelas yang telah diuji homogenitasnya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII4 sebagai kelaseksperimen dan siswa kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe The Power of Two dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padangmenunjukkan bahwacukupbanyakaktivitassiswa yang terjadiselamakegiatanpembelajaran.Dari analisis data hasilbelajarsiswa, diperoleh 2 = 13,48dan < 0,0005.Olehkarena < 0,05 berarti tolak danterima H1.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikayangmenerapkanstrategi pembelajaran aktif tipe The Power of Twolebihtinggidariproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikayangmenerapkanpembelajaranbiasa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan StrategiPembelajaranAktiftipeThe Power of Twosebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:46 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:46 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23246 |
Actions (login required)
View Item |