Penerapan Pembelajaran Mastery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung

Tristia, Juneiva and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2016) Penerapan Pembelajaran Mastery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Salah satu penyebab hasil belajar matematika siswa masih dibawah KKM adalah penguasaan konsep matematika siswa yang masih rendah. Ketika guru memberikan soal yang berbeda dari contoh yang diterangkan guru, sebagian besar siswa tidak mampu menyelesaikan soal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran Mastery Learning dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran Mastery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran Mastery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes akhir pada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t-tes pada taraf a = 0,05. Dari perhitungan diperoleh harga dan pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian maka hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95% sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Mastery Learning pada kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas kontrol kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:38
Last Modified: 29 Oct 2024 01:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item