Penerapan Pendekatan Problem Posing Dengan Teknik Berkirim Soal Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang

Octari, Wulansasi and Susi, Herawati and Rita, Desfitri (2016) Penerapan Pendekatan Problem Posing Dengan Teknik Berkirim Soal Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan siswa tdak aktif dalam proses pembelajaran, dan pada saat mengerjakan latihan hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakannya sedangkan yang lain hanya menyalin jawaban teman yang sudah selesai. Oleh karena itu, salah satu pendekatan problem posing dengan teknik berkirim soal yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan problem posing dengan teknik berkirim soal lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 27 Padang Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing dengan teknik bekirim soal lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 27 Padang pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas yang homogen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, karena tiga syarat yang terpenuhi, yaitu populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata. Oleh karena itu dipilih siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 5,47 dan = 1,67. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan problem posing dengan teknik berkirim soal lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan pendekatan problem posing dengan teknik berkirim soal dalam pembelajaran matematika sebagai salah usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:03
Last Modified: 29 Oct 2024 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item