Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Talk Write pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota

Gustia, Ayunda and Susi, Herawati and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Talk Write pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan di MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota didapatkan bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Pada saat mengerjakan latihan hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakannya sedangkan yang lain hanya menyalin jawaban teman yang sudah selesai. Oleh karena itu, hasil belajar siswa masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan Model Pembelajaran Cooperative tipe Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran model Cooperative tipe Think Talk Write lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Piladang Kabupaten 50 Kota, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 2,38 dan ( , ; ) = 1,669. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran model Cooperative tipe Think Talk Write lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:06
Last Modified: 29 Oct 2024 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23257

Actions (login required)

View Item View Item