Maitafia, Maitafia and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
20.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran oleh proses pembelajaran yang dilakukan umumnya masih terpusat pada guru. Siswa tidak mau bertanya dan memberikan tanggapan terhadap materi yang dipelajari dan hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran aktif tipe team quiz. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika selama penerapan pembelajaran aktif tipe team quiz pada kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang tahun pelajaran 2015/2016. kelas 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas 30 sebagai kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang diperoleh adanya kecendrungan peningkatan aktivitas belajar siswa kearah yang lebih baik. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, hasil perhitungan diperoleh > ( , ; ) yaitu 3,41 > 1,671. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran aktif tipe team quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:10 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23258 |
Actions (login required)
View Item |