Penerapan Strategi Genius Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan

Mery Anita, Mery Anita and Rita, Desfitri and khairuddin, Khairuddin (2016) Penerapan Strategi Genius Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpadatanggal 1 sampaidengantanggal3 Agustus 2012 dikelas X SMAN 1 BasaAmpekBalaiTapanterlihatbahwa, padaawalpembelajaran guru sudahmempersiapkankondisisiswadan guru berusahamemfokuskansiswadenganmemberikanapersepsidanmotivasi yang dapatmembangkitkansemangatsiswauntukmengikutipembelajarantetapikurang optimal, sehinggahanyasebagiansiswa yang seriusdanterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.Salah satualternatifpembelajaran yang dapat di gunakanadalahstrategiGenius Learning.StrategiGenius Learningmerupakansuatusistem yang merancangdengansatujalinan yang sangatefisien yang meliputisiswa, guru, pembelajarandanlingkunganpembelajaran.DalamGenius Learning kitamenempatkananaksebagaipusatdari proses pembelajarandansubyekpendidikan. Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuihasilbelajarmatematikasiswamenggun akanstrategi Genius Learninglebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalpadasiswakelas X SMAN 1 BasaAmpekBalaiTapan. Hipotesis yang dikemukakanadalahhasilbelajarmatematikasiswa denganmenerapkanstrategiGenius Learninglebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitianeksperimen.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasX SMAN 1 BasaAmpekBalaiTapantahunpelajaran 2013/2014 yang terdiridari 4 kelas.Pengambilansampeldilakukandengan random sampling, sehinggaterpilihkelasX.1sebagaikelaseksperimendanX.2sebagaikelaskontrol.Peng umpulan data menggunakantes berupasoal essaydandilihatperbedaannyanilainya denganmenggunakanuji t. Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwaterdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi Genius Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkanhasiluji t yang dilakukan, dengantarafnyata (α) 5% diperolehhargathitung= 7,08danhargattabel =1,67. Karenathitung>ttabel,makaartinyahasilbelajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan yang belajar dengan strategi Genius Learning lebih baik darisiswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:20
Last Modified: 29 Oct 2024 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item