Penerapan Strategi Learning Contracts Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi

MITSALINA, ULFAH and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Strategi Learning Contracts Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung masih ada terpusat pada guru.Perencanaan dan persiapan mengajar antara guru dengan siswa hanya disampaikan diawal semester saja, sehingga siswa tidak ingat lagi untuk melaksanakan pada setiap tatap muka yang menyebabkandimana peran siswa yang kurang aktif dalam setiap bagian kegiatan pembelajaran. Apabila siswa dihadapkan kepada soal-soal siswa mengalami kesulitan, dan hal ini menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menerapkan strategi Learning Contracts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi Learning Contracts lebih baik dariproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikayang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 orang, kelas VIIIC sebagai kelas kontrol sebanyak 25 orang. Teknik analisa data ini adalah uji hipotesis. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir. Dari data hasil belajar penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan strategi Learning Contracts lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar matematika kelas eksperimen 85,71% dan persentase ketuntasan hasil belajar matematika kelas kontrol yaitu 64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikayangmenerapkanstrategi Learning Contracts lebih baik dari proporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMP Islam Al Ishlah Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:27
Last Modified: 29 Oct 2024 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item View Item