Mulyadi, Kurnia and Fazri, Zuzano and Khairudin, Khairudin (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
28.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran masih terpusat pada guru, guru mendominasi kegiatan pembelajaran di kelas dan komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Selain itu guru kurang mampu memilih strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan minat siswa pada proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi. Siswa hanya mendengar dan mencatat materi pelajaran yang telah disampaikan guru. Siswa merasa malu untuk bertanya langsung ke guru mengenai materi yang belum dapat dipahami karena siswa merasa takut salah dan ditertawakan oleh teman-temannya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dengan tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti iv tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen dari 5 kelas dipilih 2 kelas sampel. Dari dua kelas sampel kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Hasil tes akhir dari kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus t-test. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh = 4,73 dan = 1,67 pada tingkat kepercayaan 0,95% sehingga > maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:23 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:23 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23266 |
Actions (login required)
View Item |