Penerapan Metode The Learning Cell Dengan Menggunakan Modul dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang

PUTRI, SALMA WULANDARI and Zulfa, Amrina and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Metode The Learning Cell Dengan Menggunakan Modul dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
30.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Pertiwi 1 Padang terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematika selama proses pembelajaran matematika masih relatif rendah, siswa tidak memiliki buku sebagai sumber belajar, siswa belum aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran, siswa sulit untuk memahami materi dalam pelajaran matematika, proses pembelajaran berpusat pada guru dan berlangsung monoton. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri dan mengkomunikasikannya dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan komunikasi matematika siswa selama diterapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul pada kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang, dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika selama menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul di kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Pertanyaan penelitian adalah bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang dengan menerapkan metode pembelajaran The Learning Cell dengan menggunakan modul? Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran The Learning Cell dengan menggunakan modul lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menerapkan pembelajaran biasa. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data kemampuan komunikasi matematika siswa selama menggunakan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul pada kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika ii siswa dapat dikatakan baik. Sedangkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf  0,05dan diperoleh 1,8759 hitung t Error! No bookmark name given., 2,014t (0,975;49) Error! No bookmark name given.. Karena hitung t < tabel t maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan metode The Learning Cell dengan menggunakan modul sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:05
Last Modified: 29 Oct 2024 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item