Mega, Selvia and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2016) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X di SMA N 1 Tigo Nagari (Kabupaten Pasaman ). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
1.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa besarnya pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas X di SMA Negeri 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Penelitian ini melihat apakah motivasi belajar dan kebiasaan belajar ini berpengaruh terhadap hasil belajar. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan angket kepada kelas sampel. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel dari semua anggota populasi dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu mengumpulkan nilai ujian tengah semester dua siswa kelas X, kemudian melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan ratarata sehingga didapatkan kelas X.1 yang menjadi sampel berjumlah 40 orang. Data hasil belajar diperolah dari tes hasil belajar yaitu nilai ulang harian kedua semester dua, data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data motivasi belajar dan kebiasaan belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan SPSS versi 17 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 19,81 %; (2) Kebiasaan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 10,17 %; dan (3) Motivasi belajar dan kebiasaan belajar berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 22,28 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kebiasaan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:39 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23385 |
Actions (login required)
View Item |