Muchlis, Habibullah and Rita, Desfitri and Riska, Amelia (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The power Of Two pada Pembelajaran TIK Siswa Kelas IX SMPN 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas IX SMPN 10 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan pada saat mengerjakan LKS hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakannya sedangkan yang lain hanya menyalin jawaban teman yang sudah selesai. Strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe The power Of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa dengan pembelajaran aktif tipe The Power of Two lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas IX SMPN 10 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IX SMPN 10 Padang pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling maka yang dipilih IX.F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX.H sebagai kelas kontrol.Dari data hasil belajar TIK siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 2,047 dan = 1,671. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Kata Kunci : The Power Of Two, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:36 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:36 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23387 |
Actions (login required)
View Item |