Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI Di SMA PGRI 1 Padang

Kartika, Enza Rosady and Gusmaweti, Gusmaweti and ERIL, SYAHMAIDI (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI Di SMA PGRI 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan guru dan pada saat guru menjelaskan materi pelajaran siswa kebanyakan berbicara dengan teman sebangkunya. Oleh karena itu guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble untuk memotivasi siswa lebih aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif TIK yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada kelas XI di SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Teknik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan menentukan nilai rata-rata hampir sama pada kelas XI IPS kemudian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acaksehingga didapat kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir berupa soal scramble sebanyak 20 butir soal dengan nilai ratarata untuk kelas eksperimen = 79,82dan kelas kontrol = 75,89dan dilakukan uji-t maka diperoleh t hitung = 2,069 dan t tabel = 1,674 karena t hitung> t tabel maka tolak H0 dan terima H1, artinya pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif TIK siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble lebih baik dari hasil belajar TIK siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar, Penelitian Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:25
Last Modified: 11 Nov 2024 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item View Item