Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Adzkia Padang

Andre, Yohendra and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Adzkia Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Adzkia Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih berupa pembelajaran biasa seperti penyampaikan materi secara lisan saja sehingga siswa merasa jenuh atau tidak nyaman di dalam kelas akhirnya motivasi belajar siswa pun menjadi berkurang. Oleh karena itu, salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar KKPI siswa dengan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari hasil belajar KKPI siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas X TKJ di SMK Adzkia Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar KKPI siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran biasa siswa kelas X TKJ di SMK Adzkia Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X TKJ di SMK Adzkia Padang pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara Total sampling karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang dipilih X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar KKPI siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,31 dan = 1,671 . Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar KKPI siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari hasil belajar KKPI siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru KKPI dapat menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran KKPI sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Quantum Learning, KKPI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:02
Last Modified: 11 Nov 2024 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23391

Actions (login required)

View Item View Item