Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Terhadap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMP N 2 Kecamatan Suliki

Ajeng, Rahma Sudarni and Gusmaweti, Gusmaweti and Rini, Widyastuti (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Terhadap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMP N 2 Kecamatan Suliki. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP N 2 Kecamatan Suliki, dimana 63,41% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualized) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dikelas VIII SMP N 2 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII SMP N 2 Kecamatan Suliki. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 dan VIII.5, kelas VIII.2 berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan VIII.5 berjumlah 24 orang siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI memiliki rata-rata nilai (75,00) yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional (71,20). Dari perhitungan t-tes diperoleh = 0,204 dan = 0,173. Karena > maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK, sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa. Kata Kunci : TAI (Team Assisted Individualized), Eksperimen, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 04:26
Last Modified: 11 Nov 2024 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item