Eko, Pratama Syaputra and Mukhni, Mukhni and Rini, Widyastuti (2016) Penerapan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas IX di MTsN Pancung Soal. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
23.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar TIK siswa kelas IX MTsN Pancung Soal. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa tidak memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar TIK siswa dengan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX MTsN Pancung Soal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas IX MTsN Pancung Soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak, setelah melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata. Sehingga didapat kelas IX.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir berupa soal objektif dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen = 79,34 dan kelas kontrol = 67, 64 dan dilakukan uji-t maka diperoleh t hitung > t tabel yaitu (3,484 > 2,004) dan Signifikan (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak artinya Hasil belajar TIK siswa yang menerapkan strategi Active Learning tipe Index Card Match (ICM) lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IX MTsN Pancung Soal. Kata kunci : Penerapan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match, hasil belajar, Penelitian eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:24 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:24 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23407 |
Actions (login required)
View Item |