Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 13 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Nibra, Sonitia Fitri and NINIWATI, NINIWATI and Ashabul, Khairi (2016) Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 13 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
32.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI SMAN 13Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), ini dikarenakan tingkat kemampuan siswa terlihat kurang aktif dalam mengungkapkan pendapat, saran atau pertanyaan.Oleh karena itu, salah satu Metodepembelajaran Demonstrasi dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakanmetodepembelajaranDemonstrasilebihbaikdaripada hasil belajarsiswa yangmenggunakanmetodekonvensional pada siswa kelas XI SMAN 13 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalahhasilbelajarsiswa yang diajardenganmenggunakanmetodedemonstrasilebihbaikdaripadahasilbelajarsiswa yang diajardenganmenggunakanmetodekonvensionalpadasiswakelas XI SMAN 13 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPS SMAN 13Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari Tigakelasyang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang dipilih XI IPS2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1sebagai kelas kontrol.Berdasarkan data hasil belajar TIK siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 15.39dan = 2.01. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan modelpembelajaranDemostrasilebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran biasa.Berdasarkan hasil penelitian ini penelitimenyarankan agar guru TIK dapat menerapkanmetodepembelajaranDemonstrasidalam pembelajaran TIK sebagai salahsatuusahauntukmenjadikanpembelajaranmenjadilebihaktifdandapatmenjadik anhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik. Kata Kunci : Pembelajaran, Demonstrasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:10
Last Modified: 11 Nov 2024 07:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item