Hubungan Lingkungan Sekolah, Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang

Siswanto, Siswanto and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng and Fauziah, Fauziah (2016) Hubungan Lingkungan Sekolah, Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
39.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara lingkungan terhadap motivasi belajar siswa, peran guru dalam proses pembelajaran mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa, lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Kartika 1-6 Padang. Berdasarkan perhitungan diatas, dari jumlah populasi 136 siswa yang dijadikan sampel sebanyak 58 siswa yang diambil sebagai Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa memberikan hubungan sebesar 26,2%, peran guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa memberikan hubungan sebesar 13,6%. maka secara bersama-sama memberikan hubungan sebesar 26,6%. Kata Kunci : Lingkungan sekolah, Peran Guru. Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:09
Last Modified: 11 Nov 2024 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item