Putri, Nurmadani and Fazri, Zuzano and Hendra, Hidayat (2016) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Microsoft Excel pada Siswa Kelas XI.IPS di SMA NEGERI 1 Rengat Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
43.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar microsoft excel siswa kelas XI.IPS SMAN 1 Rengat Barat, diantaranya adalah pembelajaran masih terpusat tehadap guru, saat pembelajaran hanya beberapa siswa yang mengeluarkan pendapat, hal itu disebabkan karena siswa kurang mengerti dengan materi yang diajarkan. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini dapat mengembangkan potensi siswa dalam berkelompok. Siswa dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari – hari, menemukan ide – ide dan membangun pengetahuan tersendiri .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunaka model Contextual Teaching and Learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran biasa pada kelas XI.IPS SMA NEGERI 1 Rengat Barat. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI.IPS SMA NEGERI 1 Rengat Barat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan CTL lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajaran menggunakan pembelajaran biasa pada kelas XI. IPS SMA Negeri 1 Rengat Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI.IPS SMAN 1 Rengat Barat tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri 8 kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas XI.IPS 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata – rata pada taraf kepercayaan α = 0,005 . Dari hasil perhitungan diperoleh t’ = 1,9749 dan t tabel = 1,7 , karena t’ > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar microsoft excel siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari hasil belajar microsoft excel siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas XI.IPS SMAN 1 Rengat Barat. Penulis menyarankan agar hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan atau pertimbangan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sama maupun penelitian lanjutan. Kata Kunci : Model CTL, Model Pembelajaran Biasa, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:27 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:27 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23426 |
Actions (login required)
View Item |