Trio, Boyke and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2016) Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Software Blender 3D Untuk Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Di SMK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
65.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengasilkan media interaktif untuk mata pelajaran perakitan komputer kelas X di SMK yang valid, praktis dan efektif. Setelah peneliti melakukan observasi di SMK Muhammadiyah 1 Padang ditemukan beberapa permasalahan diantaranya sebagian siswa belum memahami materi, media yang masih digunakan guru hanya modul cetak dengan metode ceramah sehingga siswa terlihat bosan dan siswa sulit memulai proses praktikum pada mata pelajaran perakiltan komputer serta kurangnya alat labor untuk praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D). Dihasilkan pengembangan media interaktif dengan menggunakan software Blender 3D dengan tingkat kevalidan adalah 94,1% dengan kriteria sangat valid dari penilaian validator. Dan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan jumlah siswa 25 orang didapatkan hasil uji praktikalitas adalah 84,4% dengan kriteria praktis dan uji efektifitas adalah 86% dengan kriteria efektif. Berdasarkan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas bahwa media interaktif menggunakan software Blender 3D untuk mata pelajaran perakitan komputer kelas X di SMK yang dirancang oleh peneliti adalah sangat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Pengembangan Media Interaktif, Software Blender 3D, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:13 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23450 |
Actions (login required)
View Item |