Penerapan Model PembelajaranDirect Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Pertiwi 1 Padang

Rezi, Novia Saputri and Khairudin, Khairudin and Ashabul, Khairi (2016) Penerapan Model PembelajaranDirect Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Pertiwi 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
67.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII di SMP Pertiwi 1 Padang masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa dengan model pembelajaran Direct Instructionlebih baik dari hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 1 Padang. Jenis Penelitian dalam penelitian ini Eksperimen.Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebanyak 28 orang dan siswa kelas VII.2 sebanyak 29 orang.Berdasarkan data hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t perbedaan rata-rata taraf . Dari hasil perhitungan diperoleh signifikansi antara kelas kontrol dan eksperimen 0,064/2=0,032 <0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Karena sig > 0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang pembelajarannya menerapkan modelpembelajaranDirect Instructionlebih baik dari hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil penelitian ini penelitimenyarankan agar guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menerapkanmodelpembelajaranDirect Instructiondalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai salah satuusaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci :Model Pembelajaran,Direct Instruction, TIK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:07
Last Modified: 12 Nov 2024 08:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item