HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (TIK) KELAS XI DI SMA PGRI 1 PADANG

Lubis, Bagus Mandala and Khairudin, Khairudin and Riska, Amelia (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (TIK) KELAS XI DI SMA PGRI 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
72.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini ingin melihat kecerdasan emosional dan disiplin belajar mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI SMA Padang 1 PGRI tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan angket dan tes hasil belajar dengan kelas sampel. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang telah dipelajari peneliti dalam RPP dari guru mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), data tersebut mencerminkan siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, data kecerdasan emosional dan disiplin belajar diperoleh dari kuesioner yang dikumpulkan dengan menggunakan skala likert. Telah diuji reliabilitas dan validitasnya. Korelasi dan regresi dianalisis dengan menggunakan metode statistik SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 89,49% terhadap hasil belajar siswa TIK. Artinya kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar, (2) Disiplin Belajar memberikan kontribusi sebesar 11,35% terhadap Hasil Belajar, (3) kecerdasan emosional dan kedisiplinan Belajar secara bersama memberikan kontribusi sebesar 91,01% terhadap hasil belajar, maka semakin tinggi pula kecerdasan emosional. Semakin baik siswa dalam belajar mengajar dan semakin baik disiplin belajarnya, maka hasil belajarnya semakin tinggi pula. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kedisiplinan pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:59
Last Modified: 13 Nov 2024 01:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item