Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflec, Recite, Dan Review) pada Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Jurusan Akutansi di SMKN 1 Payakumbuh

Muhammad Iqbal, Muhammad Iqbal and NINIWATI, NINIWATI and Riska, Amelia (2016) Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflec, Recite, Dan Review) pada Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Jurusan Akutansi di SMKN 1 Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
83.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode PQ4RPreview, Question, Read, Reflec, Recite, Dan Review)lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunkan metode konvensional pada mata pelajar Ketrampilan Komputer Pengolah Informasi siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMKN1 Payakumbuh.UntukdapatmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswaterhadappelajaranKK PI kelasX JurusanAkuntansidiSMK Negeri 1 Payakumbuhmakadiperlukanpenelitianlebihlanjut.Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalah: Apakah hasil belajar KKPI siswa yang pembelajaran menggunakan metode PQ4R lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional?.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasil belajar KKPI siswa yang pembelajaran menggunakan metode PQ4R lebih baik dari pada hasil belajar siswa pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah ekperimen. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Payakumbuh pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 109 siswa yang terdiri dari tiga kelas penelitian menggunakan Sampling purporsiveadalahteknikpenentuansampeldenganpertimbangantertentu. Instrumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi uji coba soal dengan menggunakan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian dianalisis menggunkan statistik dengan bantuan spss versi 17. Hasil belajar siswa yang di peroleh melalui tes akhir berupa soal essay sebanyak 10 butir soal dengan nilai ratarata untuk kelas eksperimen = 73.75 dan kelas kontrol = 69.03dan uji t maka di peroleh thitung= 2.524 dan ttabel= 1.666 karena thitung> ttabelmaka tolak H0 dan terima H1, artinya Hasilbelajar KKPI siswa yang pembelajaranmenggunakanmetode PQ4R lebihbaikdaripadahasilbelajaran KKPI siswa yang pembelajaran yang makametodekonvensional. Dapat di simpulkan bahwa hasil belajar hasil belajar menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflec, Recite, Dan Review) lebih baik dari pada metode konvensional pada pembelajaran KKPI kelas X Jurusan Akuntasi di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Kata Kunci:Pembelajaran, Metode PQ4R, Keterampilan Komputer Pengolah Informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:10
Last Modified: 13 Nov 2024 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23469

Actions (login required)

View Item View Item