Afri, Yolanda and Khairudin, Khairudin and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Metode Pembelajran Example Non Example Dalam Pembelajaran TIK Pada Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
72.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang dalam pembelajaran TIK, pembelajaran masih berpusat pada guru, hanya beberapa siswa yang mengeluarkan pendapat selebihnya hanya diam. Hal ini terlihat masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal yaitu 72. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar TIK siswa yang pembelajaran menggunakan metode Example Non Example lebih baik dari siswa yang pembelajaran menggunakan metode konvensional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang yang berjumlah 34 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan teknik analisa data. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Teknik penetuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik Randomized Sampling sehingga didapat kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa, siswa diberikan tes akhir dan analisa tes akhir dengan Uji-t maka diperoleh sig 0,275 dengan α 0,05, karena sig > α maka hipotesis yang diajukan diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan metode Example Non Example lebih baik dibandingkan menggunakan metode konvensional. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Example Non Example, Pembelajaran TIK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:44 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23472 |
Actions (login required)
View Item |