Prati, Ningsih and Gusmaweti, Gusmaweti and ERIL, SYAHMAIDI (2015) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI DI KELAS X SMKN 1 SAWAHLUNTO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
25.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Sawahlunto tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas. Untuk pengambilan sampel dari populasi di lakukan dengan cara purposive sampling. Diambil sebanyak dua kelas yaitu AK¹ dan AK ². Instrumen penelitian berupa Uji kognitif. Hasil belajar kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji kesamaan ratarata pada taraf α: 0,05. dari Hasil penelitian diperoleh thitung = 4,30 dan ttabel = 1,69 karena thitung > ttabel maka tolak H0 dan terima H1. Disimpulkan bahwa hasil belajar KKPI siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar KKPI siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK N 1 Sawahlunto. Kajian teori pada skripsi ini adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar kognitif siswa. Penulis menyarankan agar guru KKPI dapat menerapkan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar dan meningkatkan hasil belajar di SMK N 1 Sawahlunto. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Eksperimen, Pembelajaran KKPI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 08:45 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 08:45 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23494 |
Actions (login required)
View Item |