Atika, Muslimah Dewi and Khairudin, Khairudin and Gufron, Gufron (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
33.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sijunjung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Untuk pengambilan sampel dari populasi di lakukan uji normalitas, uji homogenitas variansi dan uji kesamaan rata-rata. Didapatkan bahwa populasi homogen dan memiliki kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara memilih dua buah kelas yang normal dan homogen kemudian memilih rata – rata nilai yang hampir sama, yang terendah dijadikan kelas eksperimen dan yang lainnya dijadikan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji kesamaan rata-rata pada taraf α = 0,05 dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,064 dan ttabel= 2,028 karena thitung< ttabel maka terima H0 dan tolak H1. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pengajaran terbalik (Reciprocal Teaching) sama dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (µ1 = µ2). Kata Kunci : Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching), Hasil Belajar, Pembelajaran TIK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23502 |
Actions (login required)
View Item |