Pengembangan Media E-Learning Dengan Class Room Online Pada Instalasi Perangkat LAN Untuk Siswa SMK

Olgi, Gerieska and Khairudin, Khairudin and Hendra, Hidayat (2015) Pengembangan Media E-Learning Dengan Class Room Online Pada Instalasi Perangkat LAN Untuk Siswa SMK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
49.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Teknologi Informasi dan Komputer telah berkembang seiring dengan globalisasi, dimana sistem pembelajaran harus mengintegrasikan dengan penggunaan komputer dan internet. Sementara itu, dalam proses pembelajaran di SMK, guru masih banyak melaksanakan secara konvensional dengan memanfaatkan jam pembelajaran formal tanpa adanya belajar mandiri diluar jam pelajaran formal dengan pemanfaatan akses internet. Dengan permasalahan yang demikian, perlu adanya suatu inovasi dalam proses pembelajaran, inovasi yang dimaksud adalah dengan proses belajar memanfaatkan internet atau yang biasa disebut dengan ELearning. Salah satu E- Learning yang cukup populer untuk pembelajaran yaitu Claroline. Claroline adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat modul, dan sekaligus soal-soal online baik dalam skala intranet (lokal) maupun internet (luas) yang mendukung adanya video tutorial yang di link-kan ke situs youtube sekaligus wahana belajar kelompok dengan fitur chatting sebagai proses untuk berdiskusi. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan suatu media E-Learning dengan Class Room Online pada instalasi perangkat LAN dan mengetahui validitas dan praktikalitas media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur penelitian model IDI (Instructional Development Institute) menurut Van Den Akker yang terdiri dari: analisis kebutuhan, desain, evaluasi dan revisi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media E-Learning dengan Class Room Online yang divalidasi oleh validator dengan kriteria sangat baik 94,28 %. Pengujian untuk praktilitas dilakukan kepada 20 orang siswa Kelas XI jurusan TKJ SMK N 8 Padang, kemudian angket diuji coba dengan SPPS dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil pengujian praktikalitas menyatakan bahwa media E-Learning dengan Class Room Online berkategori baik dengan nilai rata-rata 83 % dari segi minat siswa, proses penggunaannya, peningkatan keaktifan siswa, waktu dan evaluasi. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk dapat menjadikan media E-Learning dengan Class Room Online sebagai salah satu alternative media pembelajaran pada materi instalasi perangkat LAN di SMK. Kata kunci : Media E-Learning, Class Room Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:47
Last Modified: 18 Nov 2024 02:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item