Pengembangan Media Pembelajaran Komik Ilustrasi Pada Mata Pelajaran Mempersiapkan Pembuatan Dokumentasi Video Pada Kelas XI SMK N 1 Padang

Nasution, Ilham Sabri and Khairudin, Khairudin and Ashabul, Khairi (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Ilustrasi Pada Mata Pelajaran Mempersiapkan Pembuatan Dokumentasi Video Pada Kelas XI SMK N 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
63.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (IPTEK) terus berkembang semakin pesat tidak terkecuali itu di dalam bidang pendidikan. Hal ini semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dan pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Dalam hal ini guru diharapkan dapat memanfaatkan hasil-hasil teknologi tersebut dengan baik terutama pada media pembelajaran yang digunakan. Namun nyatanya hal tersebut masih jauh dari yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran saat ini masih banyak juga guru yang menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa jenuh. Dalam proses seperti ini sangat sulit untuk siswa memahami dan mengingat pelajaran sehingga penulis ingin ingin membuat dan mengembangkan media yang pembelajaran yang menarik dan tidak membuat siswa bosan. Media pembelajaran ini dikembangkan berupa media komik ilustrasi. Media ini juga dilengkapi dengan quis-quis untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran komik ilustrasi pada mata pelajaran mempersiapkan pembuatan dokumentasi video khususnya pada materi teknik pengambilan gambar dan mengetahui validitas dan praktikalitas media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur penelitian R&D (Research and Development) yang terdiri dari: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Namun dalam penelitian ini tahap pengembangan media pembelajaran komik ilustrasi hanya sampai pada tahap ujicoba produk skala kecil dan revisi produk. Subyek penelitian ini terdiri dari dua orang validator dan untuk ujicoba praktikalitas dilakukan pada 20 orang siswa SMK N 1 Padang, kemudian angket diujicoba pada SPSS dan dianalisis. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik ilustrasi yang valid dengan nilai 94,22% oleh validator dan juga telah dinyatakan praktis oleh siswa dengan nilai 87%. Kata kunci: Komik Ilustrasi, Research and Development, validitas, praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:24
Last Modified: 18 Nov 2024 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item