Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Swishmax Pada Materi Perbaikan Perangkat Pheriperal Komputer Di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan

Lisa, Nofriani Putri and Zulfa, Amrina and Adlia, Alfiriani (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Swishmax Pada Materi Perbaikan Perangkat Pheriperal Komputer Di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa SMK Negeri 3 pariaman adalah melakukan perbaikan perangkat pheriperal komputer, dalam materi perbaikan perangkat pheriperal komputer dianggap sulit dilakukan saat praktek karena minimnya jumlah perangkat pheriperal yang tersedia di sekolah, membuat siswa sulit untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sehingga perlu digunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi swishmax yang valid dan praktis di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis, penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang validator yang ahli dalam bidangnya, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 25 orang siswa kelas XI TKJ. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif dengan aplikasi swishmax yang valid oleh dosen baik dari variabel kelayakan isi, bentuk media, dan kebahasaan dengan nilai 93,43% dan juga sudah dinyatakan praktis oleh guru dan sangat praktis oleh siswa dari segi minat siswa, proses penggunaan, peningkatan keaktifan siswa, waktu penggunaan, dan evaluasi dengan nilai 89,4% dan 90,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi swishmax pada materi perbaikan perangkat pheriperal komputer pada siswa jurusan TKJ adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 21 Nov 2024 07:06
Last Modified: 21 Nov 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item View Item