Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Director untuk siswa SMK jurusan TKJ pada Materi Perawatan PC

Yona, Rahma Otana and Zulfa, Amrina and ERIL, SYAHMAIDI (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Macromedia Director untuk siswa SMK jurusan TKJ pada Materi Perawatan PC. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Prosedur penelitian yang terdiri dari: analisis produk, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Uji coba produk yang dilakukan terdiri dari dua tahap yaitu validasi ahli dilakukan untuk melihat apakah media pembelajaran yang dibuat sudah valid atau tidak melalui lembaran validasi, setelah dilakukan validasi ahli maka diperoleh hasil sebesar 92,5%, selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dengan menggunakan angket respon siswa. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKJ SMK N 1 Lubuk Basung yang berjumlah 28 orang. Setelah melakukan uji coba skala kecil, maka diperoleh hasil bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif adalah sebesar 92,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi perawatan Personal Computer adalah valid. Penulis menyarankan agar guru TKJ SMK dapat menggunakan media pembelajaran interaktif untuk materi yang telah dikembangkan. Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, Valid dan Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:17
Last Modified: 25 Nov 2024 04:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item