PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING DI SMA NEGERI 2 BAYANG

AHMAD, FAUZI and Yusrizal, Yusrizal and Pebriyenni, Pebriyenni (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MIA 1 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASSED LEARNING DI SMA NEGERI 2 BAYANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB COVER.pdf

Download (111kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
1 AHMAD FAUZI (1310013311001) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Problem Bassed Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Problem Bassed Learning di SMA Negeri 2 Bayang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 2 Bayang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan dan tes hasil akhir siklus berupa soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Aktivitas siswa dalam bertanya pada siklus I adalah 48,5% meningkat menjadi 76,5% pada siklus II, Aktivitas dalam menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 32,3% meningkat menjadi 72% pada siklus II, Aktivitas dalam menanggapi pertanyaan pada siklus I adalah 29,3% meningkat menjadi 67,6% pada siklus II dan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 26 orang (76,4%) menjadi 31 orang (91,1%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Problem Bassed Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Bayang. Kata kunci : peningkatan, aktivitas, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, model Problem Bassed Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:00
Last Modified: 08 Jul 2020 01:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item