PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 SINTUK TOBOH GADANG KAB. PADANG PARIAMAN

AFRIDA, YANTI and Erman, Har and Daswarman, Daswarman (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 SINTUK TOBOH GADANG KAB. PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- bab i.pdf

Download (365kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan Contextual And Teaching Learning (CTL) di SDN 02 Sintuk Toboh Gadang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan lembar observasi afektif, psikomotor, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menggunakan hasil belajar aspek kognitif siswa 74,6 di siklus I meningkat menjadi 84,6 di siklus II, aspek afektif siswa 70,4 di siklus I meningkat menjadi 81,9 di siklus II, aspek psikomotor siswa 74,2 di siklus I meningkat menjadi 86,5 di siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas IV SDN 02 Sintuk Toboh Gadang dapat ditingkatkan . Berdasarkan hasil ini peneliti disarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan baik dalam pembelajaran IPA sesuai dengan materi yang diajarkan. Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), IPA, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:36
Last Modified: 05 Feb 2025 04:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24340

Actions (login required)

View Item View Item