PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI 06 PADANG BIRIK-BIRIK

Endra Irahman, Irahman and NINIWATI, NINIWATI and Yulfia, Nora (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SD NEGERI 06 PADANG BIRIK-BIRIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
full teks.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran Matematika SD Negeri 06 Padang Birik-Birik.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 06 Padang Birik-Birik yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dilaksanakan, pada siklus I aktivitas siswa melakukan diskusi kelompok 82.14% mengalami peningkatan disiklus II dengan persentase rata-rata 91,96% , rata-rata persentase aktivitas siswa mengajukan pertanyaan 75,89% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata 85,76%, rata- rata persentase aktivitas siswa mengerjakan latihan 91,96% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata 94,64%, rata-rata persentase aktivitas siswa maju kedepan kelas 72,32% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata 89,28%. Diaspek kognitif (pemahaman) pada siklus I dengan rata-rata nilai 68 (50%) mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai 80 (78%) . Dengan demikian hasil belajar siswa kelas VI SDN 06 Padang Birik-Birik pada pembelajaran Matematika cenderung dapat ditingkatkan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:37
Last Modified: 11 Feb 2025 03:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item