PERANCANGAN TAMAN BUDAYA SEBAGAI PUSAT SENI DAN BUDAYA DI PAYAKUMBUH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR

Hendra, Saputra and Al Busyra, Fuadi and Ariyati, Ariyati (2025) PERANCANGAN TAMAN BUDAYA SEBAGAI PUSAT SENI DAN BUDAYA DI PAYAKUMBUH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59MB)

Abstract

Budaya merupakan cara hidup yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat atau bangsa dan diwariskan dari generasi ke generasi. Taman Budaya adalah sarana yang berfungsi sebagai wadah untuk menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya suatu daerah. Tempat ini tidak hanya menjadi pusat aktivitas seni dan budaya, tetapi juga menjadi ruang bagi seniman, budayawan, serta penikmat seni untuk berkumpul dan berkreasi. Menurut Koentjaraningrat, unsur-unsur kebudayaan mencakup sistem religi dan upacara keagamaan, bahasa, kesenian, serta sistem sosial dalam masyarakat tertentu. Oleh karena itu, kebudayaan dapat mencerminkan identitas suatu daerah atau bangsa. Perancangan taman budaya di Payakumbuh berupaya untuk mendukung kegiatan seni, budaya, serta literasi dengan merencanakan pembangunan kawasan pusat kebudayaan dan kesenian. Kawasan ini dirancang sebagai ruang untuk memperkenalkan, mengembangkan, dan melestarikan kebudayaan, sekaligus sebagai taman literasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah wadah atau ruang yang dapat mendukung berbagai aktivitas dan kreativitas masyarakat. Keberadaan fasilitas ini berpotensi mendorong lahirnya prestasi serta meningkatkan apresiasi terhadap Kota Payakumbuh. Kata Kunci: Budaya, Kesenian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:15
Last Modified: 20 Mar 2025 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24666

Actions (login required)

View Item View Item