PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN PRODUCT TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus: Konsumen Kendaraan Bermotor Listrik di Kota Palembang)

Bagia, Budi and Sefnedi, Sefnedi and Listiana, Sri Mulatsih (2025) PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN PRODUCT TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN TRUST SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus: Konsumen Kendaraan Bermotor Listrik di Kota Palembang). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Transisi menuju sistem energi rendah karbon sangat penting untuk mencapai target net zero emission Indonesia pada tahun 2060. Kendaraan bermotor listrik menjadi salah satu solusi strategis untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, namun adopsi produk ini masih menghadapi tantangan, khususnya dalam membangun minat beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green perceived value dan green product terhadap green purchase intention, dengan green trust sebagai variabel mediasi, dalam konteks konsumen kendaraan bermotor listrik di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner terstruktur kepada 105 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Smart-PLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green perceived value dan green product memiliki pengaruh positif signifikan terhadap green trust dan berdampak positif terhadap green purchase intention. Selain itu, green trust berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara variabel bebas dengan green purchase intention. Penelitian ini menekankan pentingnya persepsi nilai hijau dan kualitas produk dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap produk ramah lingkungan, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Penelitian ini menawarkan kontribusi praktis bagi produsen kendaraan listrik untuk meningkatkan edukasi dan komunikasi manfaat lingkungan, memastikan kualitas produk yang unggul, dan penerapan strategi pemasaran yang berfokus kepada keberlanjutan. Kata Kunci: green perceived value, green product, green trust, green purchase intention, kendaraan bermotor listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:29
Last Modified: 20 Mar 2025 06:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24668

Actions (login required)

View Item View Item