Mashuri, Mashuri and Zarfinal, Zarfinal (2025) PERTANGGUNGJAWABAN JASA EKSPEDISI PT J&T EXPRESS TERHADAP KERUSAKAN DAN KEHILANGAN BARANG DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
repo 12.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
repo 2.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
repo full.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
Abstract
Jasa pengiriman /ekspedisi memegang peran penting dalam mendukung mobilitas barang, baik dalam negeri maupun antar negara. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan e-commerce, layanan ekspedisi ikut mengalami inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin menuntut kecepatan dan ketepatan pengiriman. Penggunaan jasa pengiriman /ekspedisi barang telah menjadi suatu kebutuhan masyarakat dalam menjalankan kegiatan jual beli online maupun pengiriman barang. Salah satu perusahaan jasa pengiriman yang memiliki jangkauan pengiriman ke seluruh Indonesia adalah PT. J&T cabang Dharmasraya. Namun terdapat beberapa masalah dalam pengiriman seperti kerusakan dan kehilangan barang sehingga merugikan konsumen. Oleh karena itu pihak layanan pengiriman bertanggung jawab terhadap kerusakan dan kehilangan barang tersebut. Permasalahan yang akan dibahas yaitu 1) Bagaimanakah tanggung jawab hukum perusahaan ekspedisi terhadap hilangnya dan rusaknya barang? 2) Bagaimanakah upaya yang dilakukan perusahan ekspedisi untuk mencegah hilangnya dan rusaknya barang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan, analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Kesimpulan investigasi: 1) Perusahan Eksepedisi berupaya memberikan ganti rugi terhadap hilang/rusaknya barang sesuai peraturan perundang- undangan yang berlaku pada Kitab Undang- undang Hukum Perdata (KUHPerdata), Kitab Undang- undang Hukum Dagang (KUHD) dan Pasal 19 Undang- undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsume. 2) PT. J&T Express cabang Dharmasraya berupaya memberikan ganti rugi terhadap hilang/rusaknya barang di Dharmasraya baik menggunakan asuransi maupun tidak menggunakan ansuransi sesuai standar operating prosedure (SOP) J&T Express yang berlaku. Kata Kunci: Pengiriman Barang, Tanggung jawab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 02:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |