PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT KERUSAKAN BARANG DALAM PENGANGKUTAN MUATAN KAPAL LAUT OLEH PT. ANUGERAH PARADA JAYA LOGISTIK SEBAGAI EKSPEDITUR

Jones, Ilham Nuary and Suamperi, Suamperi (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT KERUSAKAN BARANG DALAM PENGANGKUTAN MUATAN KAPAL LAUT OLEH PT. ANUGERAH PARADA JAYA LOGISTIK SEBAGAI EKSPEDITUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI REPO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) memiliki peran penting dalam distribusi barang antar pulau di Indonesia. Namun, dalam praktiknya, sering terjadi kendala seperti kerusakan barang selama pengangkutan, yang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum bagi konsumen terhadap kerusakan barang dalam pengangkutan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta memahami langkah penyelesaian yang dilakukan oleh EMKL. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Tanggung Jawab Terhadap Kerusakan Barang Dalam Pengangkutan oleh PT. Anugerah Prada Jaya Logistik sebagai EMKL? 2) Apa sajakah kendala-kendala perlindungan hukum konsumen terhadap kerusakan barang dalam pengangkutan oleh PT. Anugerah Prada Jaya Logistik sebagai EMKL 3) Bagaimanakah upaya penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Anugerah Prada Jaya Logistik sebagai EMKL dalam menghadapi kasus kerusakan barang? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, dengan pendekatan normatif dan empiris melalui studi dokumen serta wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Anugerah Prada Jaya Logistik menjalankan perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan preventif dilakukan melalui penerapan standar operasional yang ketat, dokumentasi pengiriman dan pemenuhan regulasi yang ada, sementara itu, perlindungan represif diberikan melalui mekanisme ganti rugi, baik secara non-litigasi (negosiasi dan mediasi) maupun litigasi (gugatan perdata). Kendala utama yang dihadapi perusahaan dalam proses ganti rugi meliputi keterlambatan pembayaran, faktor cuaca ekstrem, serta tantangan operasional seperti kecelakaan dalam transportasi darat. Kata Kunci: Ekspedisi Muatan Kapal Laut, Perlindungan Konsumen, Ganti Rugi, Hukum Pengangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 21 Mar 2025 02:49
Last Modified: 21 Mar 2025 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24811

Actions (login required)

View Item View Item