Mudrika, Aufar Dzaki and Media, Yofiza (2025) PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI MEDIASI DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sebagai implementasi dari UUPK pasal 53, serta pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Kepmenperindag ini menjadi landasan operasional yang mengatur secara detail mekanisme penyelesaian sengketa konsumen di BPSK, termasuk prosedur mediasi. BPSK hadir sebagai institusi yang diberi kewenangan khusus untuk menangani dan menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Padang? 2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan mediasi dalam penyelesaian sengketa konsumen di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Padang? Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis kualitatif. Hasil Penelitian 1) Pelaksanaan penyelesaian sengketa konsumen melalui mediasi di BPSK Kota Padang periode 2022-2024 menunjukkan seluruh kasus berhasil diselesaikan tetapi terdapat kendala dalam proses mediasinya. 2) Faktor yang mendukung keberhasilan mediasi meliputi kompetensi mediator, sikap kooperatif para pihak, kualitas komunikasi, kejelasan prosedur, dan dukungan hukum kelembagaan. Namun, proses mediasi menghadapi kendala seperti kurangnya itikad baik para pihak, pemanggilan lebih dari satu kali, ketidakdisiplinan para pihak. Kata Kunci: Mediasi, Sengketa Konsumen, BPSK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 06:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |