PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI NARAPIDANA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA RESIDIF

Angel, Napitupulu and Uning, Pratimaratri (2025) PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI NARAPIDANA UNTUK MENCEGAH TERJADINYA RESIDIF. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, narapidana selama menjalani hukuman berhak mendapatkan pendidikan non formal, kemudian diatur lebih lanjut pada Pasal 10 PP Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang narapidana atau warga binaan mendapatkan pendidikan non formal. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah peranan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dalam menyelenggarakan pendidikan non formal bagi narapidana untuk mencegah terjadinya residif? 2) Apa saja kendala-kendala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dalam menyelenggarakan pendidikan non formal bagi narapidana untuk mencegah terjadinya residif? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen, Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: 1) Peranan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dalam menyelenggarakan pendidikan non formal bagi narapidana untuk mencegah terjadinya residif adalah melibatkan narapidana dalam berbagai kegiatan positif yang dapat membangun keterampilan dan pengetahuan mereka. 2) Kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dalam menyelenggarakan pendidikan non formal adalah pendanaan, SDM, sarana, prasarana, dan persepsi negatif masyarakat terhadap mantan narapidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:14
Last Modified: 21 Mar 2025 07:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item