Somi, Putri and Syukma, Netti (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
Cover pendahuluan.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Kesimpulan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar matematika peserta didik berdasarkan hasil angket dan wawancara yang diberikan di SMA Negeri 5 Padang. Minat belajar sangat mempengaruhi hasil belajar. Rendahnya minat belajar matematika peserta didik salah satunya disebabkan karena kurangnya motivasi belajar, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan, pembelajaran yang tidak bermakna, dan kurangnya pemanfaatan teknologi. Mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Problem-Based Learning berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA kelas X pada materi trigonometri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapan Model Problem Based learning Berbantuan media Quizizz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X SMA Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari sebelas kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control, untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling dan yang terpilih adalah kelas X E 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dari hasil belajar peserta didik, dengan uji kesamaan rata-rata dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai signifikan <0,05 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikinan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz pada materi lain untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |