PENGEMBANGAN E-MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 025/XI DESA GEDANG KOTA SUNGAI PENUH

nola hestiani, fitri and Hidayati, Azkiya (2025) PENGEMBANGAN E-MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 025/XI DESA GEDANG KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, universitas bunghatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (652kB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN PUSTAKA.docx

Download (120kB)
[img] Text
FULLTEKS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran, seperti gambar di papan tulis dan buku cetak, yang kurang efektif dalam menarik perhatian siswa, sehingga menyebabkan kurangnya fokus siswa selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-media video pembelajaran menggunakan canva pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas IV SDN 025/XI Desa Gedang, Kota Sungai Penuh, yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (3-D) karena keterbatasan waktu dan sumber daya. Uji validitas dilakukan oleh tiga validator, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan terhadap guru dan siswa kelas IV SDN 025/XI Desa Gedang, sementara uji efektivitas dilakukan melalui pretest dan postest. Hasil validasi e-media oleh validator ahli materi (86,1%), ahli bahasa (93,7%), dan ahli media (94,6%) menunjukkan rata-rata validitas sebesar 90,90% yang masuk dalam kategori sangat valid. E-media ini juga dinilai sangat praktis oleh guru dan siswa, dengan nilai rata-rata pada skala kecil oleh guru (97,5%) dan siswa (92,70%). Hasil uji efektivitas e-media memperoleh rata-rata pada soal pretest 60,12 dan soal postest diperoleh rata-rata 90,54, menunjukkan nilai N-Gain 0,76 pada skala kecil, yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-media video pembelajaran canva untuk mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN 025/XI Desa Gedang telah memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:14
Last Modified: 24 Mar 2025 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25194

Actions (login required)

View Item View Item