UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 07 TOBOH PALABAH KOTA PARIAMAN

Wardatul Istiana, Wardatul and Hidayati Azkiya, Hidayati (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 07 TOBOH PALABAH KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI WARDATUL ISTIANA 210013411138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman yang disebabkan saat proses pembelajaran siswa belum mampu menyusun dan menggabungkan kalimat menjadi paragraf dan kurangnya ide tentang apa yang ditulis. Guru juga menerapkan model pembelajaran yang kurang melibatkan partisipasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model Project Based Learning. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran PjBL dikemukakan oleh Lestari & Yuwono (2022:8). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teori yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dikemukakan oleh Arikunto (2020:16). Penelitian ini dilaksannakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasasrkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 75% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 70% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I sebesar 46% dengan rata-rata hasil belajar 66,3 dan meningkat pada siklus II sebesar 83% dengan rata-rata hasil belajar 78. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 07 Toboh Palabah Kota Pariaman. Kata Kunci : keterampilan menulis, model project based learning, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:38
Last Modified: 24 Mar 2025 02:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25235

Actions (login required)

View Item View Item