ANALISA KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI), METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BINA MARGA PADA PERKERASAN LENTUR

Mitra, Yuwita S and Mufti Warman, Hasan (2025) ANALISA KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI), METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BINA MARGA PADA PERKERASAN LENTUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu infrastruktur transportasi darat yang sangat penting untuk mendukung aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dan pemeliharaan jalan secara berkala untuk menjaga kondisi jalan tetap baik. Kerusakan jalan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kemacetan, kecelakaan, dan meningkatnya biaya operasional kendaraan. Jalan akan mengalami kerusakan diakibat oleh beban lalu lintas, lingkungan, dan faktor lainnya. Metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kerusakan jalan, antara lain metode Surface Distress Index (SDI), dengan hasil analisa kerusakan dalam kondisi baik, metode internasional roughnes index, dengan hasil analisa kerusakan dalam kondisi baik dan metode bina marga dengan analisa kerusakan nilai urutan prioritas >7 terdapat pemeliharaan rutin. Dalam penelitin ini, berlokasikan di jalan N041 Sicincin-Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman pada STA 34+000-STA 39+000, yang terdapat beberapa jenis kerusakaan antara lain: retak kulit buaya, retak blok, retak pinggir, retak memanjang, retak melintang, retak acak, lubang dan tambalan. Hasil analisis kerusakan jalan dengan menggunakan ketiga metode tersebut, dapat diperoleh informasi yang lebih komprehensif mengenai kondisi jalan, sehingga dapat direncanakan strategi pemeliharaan dan perbaikan yang tepat untuk menjaga kualitas jalan dan mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang pada jalan N041 Sicincin-Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman pada STA 34+000-STA 39+000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:59
Last Modified: 24 Mar 2025 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25314

Actions (login required)

View Item View Item