PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 08 PASAR SURANTIH

Lira, Agustania and Fazri, Zuzano and Muhammad, Sahnan (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 08 PASAR SURANTIH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
5 LIRA AGUSTANIA 1310013411034 Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 08 Pasar Surantih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Question Students Have lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode Ekspositori di kelas IV SD Negeri 08 Pasar Surantih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 08 Pasar Surantih yang terdiri dari 2 kelas. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik acak. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata- rata hasil tes akhir Matematika siswa pada kelas eksperimen 82,86 dan kelas kontrol 72,86 dengan taraf uji statistic (α = 0,05) diperoleh thitung=3,058 dan t(0,95:40)=2,021 karena thitung > ttabel maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi Question Students Have lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menggunakan metode Ekspositori. Oleh karena itu penulis menyarankan guru dapat menggunakan strategi Question Students Have sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi dalam belajar. Kata Kunci: Question Students Have, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:26
Last Modified: 21 Jan 2021 03:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item