Nengsri, Hasani and Hasnul, Fikri (2025) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Cacang Tinggi Kabupaten Agam Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
SKRIPSI NENGSRI HASANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis narasi peserta didik di SDN 02 Cacang Tinggi khususnya pada kelas IV karena siswa kesulitan menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa kelas IV SDN 02 Cacang Tinggi Kabupaten Agam dalam menulis teks narasi melalui model project based learning berbantuan media gambar seri. Menurut Zainudin, (2020:57) pembelajaran bahasa Indonesia membentuk empat keterampilan berkomunikasi, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang tidak dapat dipisahkan terutama di sekolah dasar. (Ariyana & Bestary, n.d.2018) mengungkapkan model project based learning adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 15 orang. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 70,3% meningkat menjadi 88% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentase siklus I sebesar 70,2% meningkat menjadi 82,8% di siklus II. Jumlah persentase ketuntasan peserta didik pada siklus II naik secara signifikan yaitu dari 53,3% menjadi 86,6%. Hal ini menggambarkan bahwa hasil rata-rata tes akhir siklus II sudah memenuhi kategori tuntas karena berada di atas KKTP 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |