Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Media Gambar Seri bagi Siswa Kelas IV SDN 03 Alai Timur Padang Utara

Indah Nia, Pamela and Rio, Rinaldi (2025) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Media Gambar Seri bagi Siswa Kelas IV SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FULL INDAH NIA PAMELA(21-122).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV B SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks narasi siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media gambar seri di SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 03 alai Timur Padang Utara yang berjumlah28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes keterampilan menulis teks narasi. Berdasarkan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 67,5% dan meningkat menjadi 87,5% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata presentase pada siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 85,5%. Hasil tes keterampilan menulis teks narasi pada siklus I sebesar 53,57% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82,14% disebabkan siswa lebih aktif dan efektif selama proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media gambar seri pada siswa kelas IV B SDN 03 Alai Timur Padang Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:16
Last Modified: 24 Mar 2025 06:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25531

Actions (login required)

View Item View Item