PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SDN 158/III SUNGAI ABU KECAMATAN AIR HANGAT TIMUR KABUPATEN KERINCI

aditya, warman and Hasnul, Fikri (2025) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SDN 158/III SUNGAI ABU KECAMATAN AIR HANGAT TIMUR KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
UPLOAD I REPOSITORY ADIT.pdf

Download (645kB)
[img] Text
UPLOAD II REPOSITORY ADIT.pdf

Download (169kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI ADITYAN WARMAN MARET REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SDN 158/III SUNGAI ABU KECAMATAN AIR HANGAT TIMUR KABUPATEN KERINCI Aditya Warman1, Hasnul Fikri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: warmana276@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SD Negeri 158/III Sungai Abu, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berbicara peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Teori yang digunakan dalam penelitian ini motivasi belajar yang dikemukakan oleh Sani, keterampilan berbicara yang dikemukakan oleh Iskandarwassid dan teori Discovery Learning yang dikemukakan oleh Hosnan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah peserta didik 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi aktivitas pendidik, observasi aktivitas peserta didik, angket motivasi belajar dan lembar tes keterampilan berbicara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada tiap akhir siklus dilakukan tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas pendidik pada siklus I adalah 67,5% dan pada siklus II naik menjadi 80% yang terlihat ada kenaikan 13,5%. Selanjutnya pada aktivitas peserta didik, diketahui rata-rata persentase siklus I yaitu 56% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II yang meningkat sebesar 25,25%. Motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,53 menjadi 78,60 pada siklus II. Begitu juga dengan keterampilan berbicara peserta didik pada siklus I hanya 8 dari 15 orang peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata adalah 66,09. Sedangkan pada siklus II terdapat 12 dari 15 orang peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata 77,19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN 158/III Sungai Abu, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, keterampilan berbicara, motivasi belajar, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:30
Last Modified: 24 Mar 2025 06:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item View Item